Pertanyaan

Kemari dan duduklah!  Ada yang ingin kutanyakan.

Seperti malam yang sudah-sudah, aku menceracau dengan banyak sekali pertanyaan dan kau hanya diam.  Tapi tidak untuk kali ini, aku terpaksa memaksamu untuk bicara.  Tak apa jika hanya mengangguk atau menggeleng.  Karena tak semua pertanyaanku membutuhkan jawaban yang panjang.

Kau tahu, di sini, dalam otakku, selalu saja tumbuh bermacam pertanyaan,  tumbuh layaknya jamur di musim penghujan.  Sebagian aku mendapatkan jawaban hanya dengan berdiam, mengamati sekitar, sebagian lagi hadir begitu saja setelah aku menunggu beberapa waktu, sebagian lain aku terpaksa bertanya padamu, pada mereka.  Sayangnya, terkadang aku tak terpuaskan.  Lalu, pertanyan-pertanyaan itu menjelma menjadi pertanyaan lain yang lebih rumit untuk dijabarkan.

Kemari dan duduklah!  Ada yang ingin kuceritakan.

Saat pagi, saat mata belum sempurna membuka, ada samar tergambar mimpi semalam.  Sebagian terlihat jelas, sebagian lain terpotong, tepat dibagian terpenting.  Inti dari mimpi itu, kupikir.  Entah, kenapa begitu.  Tak seberapa lama, aku melupakannya.

Menjelang siang, saat matahari sedang melompat-lompat menuju puncak, aku masih saja mendepis di sudut kamar.  Menata banyak sekali rencana.  Lalu dengan enggan menyeret kaki untuk beranjak keluar.  Burung kutilang yang bersarang di pohon depan jendela, sudah pergi sedari pagi untuk mencari makan.  Ah, aku kalah telak.

Lalu siang habis dengan percuma, padahal selepas pagi tadi, rencana sudah terbungkus matang.  Entah, kemana semangat pergi.

Saat malam menjelang, kembali aku merancang mimpi.  Mengimajinasikan banyak hal, menilik kenangan, atau apapun yang mampu membuatku terpejam.  Tak lupa, doa-doa kusematkan.  Tak hanya untukku saja, tapi juga untukmu, untuk mereka.  Dan tentu saja kembali kuceracaukan deretan pertanyaan panjang.  Berharap, saat esok pagi menjelang, jawaban itu sudah terhidang.

Kemari dan duduklah!
Menurutmu, apa yang harus aku lakukan, jika pergi tak lagi menjadi pilihan?

Tagged: ,

2 thoughts on “Pertanyaan

  1. HM Zwan 8 August 2012 at 10:18 PM Reply

    sedang duduk manis…ada apa zah???yaudah duduk aja yuk berdua sambil menikmati secangkir teh hangat….😀

    • fawaizzah 9 August 2012 at 10:10 AM Reply

      gimana klo diganti sama cokelat hangat, mba Zwan?🙂

Tinggalkan Jejak

Hadisome

Tentang Apa Saja dan Siapa Saja

Najlazka

“Life isn't about waiting for the storm to pass...It's about learning to dance in the rain.” ― Vivian Greene

RetakanKata

Mempertahankan Kata-kata Agar Tetap Bermakna

Hidupnya Indra

Catatan Hidup Seorang Indra Nugroho

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

Naungan Islami

Indahnya Hidup Dalam Naungan Islam

