Al Quran Menyentilku

Seperti sore lainnya, seusai sholat ashar aku membuka Al Quran usangku dan memulai nderes.  Aku mulai melanjutkan ayat kemaren yang aku baca,yah.. baru sampai surat Bani Isroil ayat 10.  Maklumlah, setiap kali nderes aku cuma membaca 1 sampai 2 lempir saja.  Namun terkadang saat aku bisa menikmati huruf demi huruf, lafadz demi lafadz bahkan ayat demi ayat tak jarang aku sampai nderes beberapa lempir. Menikmati disini kalau saya yang mengartikan, hmm lantunan rangkaian huruf hijaiyah terasa sangat damai dihati, bahkan terasa sangat lembut dan meresap ke setiap sudut hati, sampai meluluhkan bermili-mili air yang keluar dari bola mata.  Sungguh suasana seperti itu sangat menyejukkan, indah, hidup ini seperti tak pernah ada masalah.

Tapi sore ini ada yang aneh, sebenernya sudah beberapa kali aku mengalaminya. Tapi baru kali ini aku menyadari. Tau kenapa kawan? Hmm… alunan suaraku menjadi tak karuan, terasa sekali getarannya. bahkan aku tak mampu menyelesaikan 1 ayat hanya dengan satu tarikan nafas, padahal ayatnya tidak terlalu panjang. Dada terasa dag dig dug tak karuan, ngalah-ngalahin kalau mau ketemu pria idaman, tiba-tiba keringat keluar bak habis naik turun tangga. Aku berhenti sejenak, mencoba mengambil nafas lebih dalam. Aku mencoba melantunkannya lagi, suaraku malah seperti orang demam panggung. hey ada apa ini? Aku masih mencoba melanjutkan sampai ruku’ (‘ain). tiba-tiba saja aku ingin sekali mengetahui arti dari surat yang aku baca. Maklum Al quran usangku tak dipenuhi dengan tafsirannya. Aku langsung mengingat Om Google, aku bisa menemukan apapun disana, pikirku. Langsung kulepas mukenaku dan menyamber kerudung yang nyentel di deket jendela. Lari menuruni tangga dan meluncur ke warnet.

Syukurlah warnet sepi, langsung ku buka google dengan kata kunci Al Quran surat Bani Isroil. Loh kok yang keluar surat Al Isra? Aku tanya deh kepada Pak Andi Qayyim Munarka seoarang kompasianer dan kebetulan sudah menjadi teman di FB juga. Ouw ternyata Surat Bani Isroil itu sama dengan Al Isra. Aku mencoba menelusurinya, dan akupun mendapatkannya di SINI.

Aku copas arti dari Q.S Bani Israil ayat 9-29:

9. Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar, (QS. 17:9)

10. dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada hari akhirat, Kami sediakan bagi mereka azab yang pedih. (QS. 17:10)

11. dan manusia mendo’a untuk kejahatan sebagaimana ia mendo’a untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa. (QS. 17:11)

12. Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Rabbmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas. (QS. 17:12)

13. Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka. (QS. 17:13)

14. “Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisap terhadapmu”. (QS. 17:14)

15. Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barangsiapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul. (QS. 17:15)

16. Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (suatu mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. (QS. 17:16)

17. Dan berapa banyaknya kaum sesudah Nuh telah Kami binasakan. Dan cukuplah Rabbmu Maha Mengetahui lagi Maha Melihat dosa hamba-hamba-Nya. (QS. 17:17)

18. Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (dunia), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka Jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. (QS. 17:18)

19. Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mu’min, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik. (QS. 17:19)

20. Kepada masing-masing golongan baik golongan ini maupun golongan itu 849 Kami berikan bantuan dari kemurahan Rabbmu. Dan kemurahan Rabbmu tidak dapat dihalangi. (QS. 17:20)

21. Perhatikanlah bagaimana Kami lebihkan sebagian dari mereka atas sebagian (yang lain). Dan pasti kehidupan akhirat lebih tinggi tingkatnya dan lebih besar keutamaannya. (QS. 17:21)

22. Janganlah kamu adakan ilah-ilah yang lain di samping Allah, agar kamu tidak menjadi tercela dan tidak ditinggalkan (Allah). (QS. 17:22)

23. Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia 850. (QS. 17:23)

24. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. 17:24)

25. Rabbmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat. (QS. 17:25)

26. Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan:dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. (QS. 17:26)

27. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya. (QS. 17:27)

28. Dan jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Rabbmu yang kamu harapkan, maka katakanlah kepada mereka ucapan yang pantas 851. (QS. 17:28)

29. Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya 852 karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal. (QS. 17:29)

Kenapa hanya ayat 9-29 saja? karena saat membaca ayat itulah aku merasa gemetaran.

Kenapa aku membagi kisah ini di sini? karena aku berharap ada orang yang memberitahuku makna tersirat dari terjemahan ayat-ayat itu. Selain itu aku pun juga berharap ini bermanfaat bagi teman-teman yang lain.

Ya Rabb…. banyak sekali cara-Mu mengingatkan hambamu yang penuh lumpur dosa ini, hari ini lewat Al Quran usang ini Kau telah mengingatkanku, memberiku kabar gembira, juga memberikan obat pada laraku!

Ya Rabb…. aku merasa dicintai oleh-Mu, dan akupun akan terus berusaha membuktikan cintaku pada-Mu.

Selalu tunjukkan jalan-Mu padaku!

Tagged: ,

One thought on “Al Quran Menyentilku

  1. nur 4 January 2010 at 4:16 PM Reply

    menarik..blog nya
    mari sharing…di ….grahahaji.blogspot.com….comment..pls..wasalam
    grahahaji@gmail.com

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hadisome

Tentang Apa Saja dan Siapa Saja

Najlazka

“Life isn't about waiting for the storm to pass...It's about learning to dance in the rain.” ― Vivian Greene

RetakanKata

Mempertahankan Kata-kata Agar Tetap Bermakna

Hidupnya Indra

Catatan Hidup Seorang Indra Nugroho

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

Naungan Islami

Indahnya Hidup Dalam Naungan Islam

%d bloggers like this: