Mendidik dan Menghibur Ala Upin & Ipin

Upin dan Ipin (pengisi suara Nur Fathiah Diaz)adalah sebuah film animasi anak-anak yang dirilis pada tahun 14 September, 2007 di Malaysia di siarkan di TV9 dan diproduksi oleh Les’ Copaque. Awalnya film ini bertujuan untuk mendidik anak-anak agar menghayati bulan Ramadhan. Kini Upin dan Ipin sudah mempunyai tiga musim. Di Indonesia Upin dan Ipin hadir di TPI. Di Turki, Upin dan Ipin disiarkan di Hilal TV. Film ini berdurasi 5-7 menit setiap episodenya. Kartun ini tayang setiap hari di TV9 pukul 16.30. Dan di TPI tayang setiap hari pukul 15.00 WIB. Disadur dari sini!!

Karekter Upin & Ipin
Upin dan Ipin adalah dua orang saudara kembar asal Melayu, mereka tinggal bersama dengan Opah dan Kakaknya karena kedua orang tuanya sudah meninggal.
Untuk membedakan dua anak lucu ini, Upin mempunyai sehelai rambut di kepalanya, dia selalu memakai baju berwarna kuning dan ada gambar huruf U, cenderung lebih pandai bicara daripada Ipin adiknya.
Sedangkan Ipin tidak memiliki rambut (asli botak), selalu memakai baju berwarna biru dan bergambar huruf I, oh ya Ipin juga memakai kain merah pada lehernya, sangat menyukai ayam goreng dan cenderung mengulang kata sampai tiga kali, salah satu contohnya betul betul betul.

Kak Ros
Kak Ros (Noor Ezdiani Ahmad Fauwzi [musim 1]; Ida Shaheera [musim 2]) adalah kakak Upin & Ipin, dia nampak galak terhadap Upin dan Ipin, suka mempermainkan Upin dan Ipin jika ada kesempatan, meskipun demikian Kak Ros adalah type Kakak yang sayang adik-adiknya.

Opah
Mak Uda (Hjh. Ainon Ariff) adalah nenek Upin, Ipin dan Rose. Beliau terlihat sangat sabar dan menyayangi cucu-cucunya. Mak Uda lebih sering dipanggil Opah, seorang nenek yang mengetahui banyak hal tentang duniawi dan keagamaan.

Jarjit Singh (Mohd Shafiq Mohd Isa) adalah teman Upin & Ipin keturunan India, tubuhnya paling besar diatara kawan-kawannya, dia suka berpantun yang diawali kata dua, tiga.
Fizi (Ida Rahayu Yusoff) adalah teman Upin & Ipin yang paling dimanjakan orang tuanya, kadang-kadang dia suka menyombongkan diri dengan apa yang diberikan orang tuanya padanya.
Ehsan (Mohd. Syahmid Abdul Hamid) adalah teman Upin & Ipin yang juga sepupunya Fizi, dia adalah ketua kelas di Tadika (Sekolah Upin Ipin dkk)
Mei Mei (Yap Ee Jean, Tang Ying Sowk) adalah salah satu teman Upin & Ipin keturunan China, dia adalah anak yang manis, rajin, pintar dan selalu mengingatkan teman-temannya jika melakukan kesalahan.
Mail (Mohd Hasrul) juga teman Upin & Ipin, dia sering membantu ibunya berjualan ayam goreng.

Kakek Dalang (Abu Shafian Abdul Hamid) atau lebih dikenal dengan nama Tok Dalang merupakan ketua penghulu Kampung Durian Runtuh dan banyak diminta pertolongannya oleh Upin, Ipin dan kawan-kawan, di samping memberi nasihat kepada mereka. Kakek Dalang mempunyai ayam jago bernama Rambo.
Muthu (Mohd Shafiq Mohd Isa), disapa sebagai Uncle Muthu oleh para pemuda di kampung, merupakan satu-satunya penjual makanan di Kampung Durian Runtuh dan bapaknya Rajoo.

Lalu apa seh manfaat nonton film ini bagi anak-anak atau adik-adik kita?
Saya rasa banyak manfaatnya, disini Serial Upin & Ipin ini memberikan banyak inspirasi dan pelajaran berharga tentang agama, persahabatan, keluarga. Sedangkan saat ini banyak sekali tontonan atau acara2 televisi yang banyak sekali mudharatnya jika ditonton oleh anak-anak atau adik-adik kita dari pada manfaatnya.

Serial ini membawa atmosfer kesegaran khas anak-anak dan kelucuan yang dibalut dalam hikmah dan pembelajaran moral. Lihat saja adegan saat Upin & Ipin bertanya tentang kenapa puasa itu wajib, dijawab oleh Opa (nenek) mereka,”Biar masuk surga.” Dan ditanggapi dengan dialog khas ipin yang kerap mengundang tawa, “Betol betol betol.” Juga saat mereka bermain dengan Jarjit dan Mei Mei, Upin dan Ipin tak kuasa menahan lapar dan hausnya saat puasa, lalu Jarjit menawarkan Upin dan Ipin untuk mentraktirnya. Upin dan Ipin sangat senang dengan tawaran Jarjit, lalu Mei Mei mengingatkan “Hai bukannya kalian puasa?” puasa puasa puasa, kata Ipin lalu Jarjit bilang “Tak ada yang tau” Mei mei menambahkan, “Tapi kalian punya Tuhan, Tuhan tahu!”

Ah acara ini sangat tepat jika dijadikan tontonan keluarga diakhir pekan, juga bisa dijadikan alternatif bagi orang tua untuk dapat memberikan pendidikan moral dan agama untuk anak dengan cara yang menghibur.

Lalu bagaimana dengan putra Indonesia?? Tak adakah niat untuk melakukan hal yang sama? Bukankah kita jauh-jauh hari sudah punya Si Unyil dan kawan2? Bagaimana jika si Unyil diformat lebih menarik?
Ahh…… itu snaggat mudah jika kita mau, kita pasti BISA!!!

Tagged:

15 thoughts on “Mendidik dan Menghibur Ala Upin & Ipin

  1. luthfox 2 July 2010 at 3:55 PM Reply

    Hehe baru nonton satu episod sih, tapi dah memikat selera

  2. R 1061 TU 23 June 2010 at 11:23 AM Reply

    Ehm. . .
    Sedapnye bau. . .

    Betul. . .
    Betul. . .
    Betul. . .

    • Izzah 1 July 2010 at 8:18 PM Reply

      Betul betul betul,..

      hehehe makasih sudah mampir ya kawan,..

  3. wulan 12 June 2010 at 12:22 PM Reply

    hai….apa kabar?aku suka film upin & ipin soalnya asyik lg.pokoknya menyenangkan dehhh….oiya petualangnya sangat bagus dan lucu lg.

    • Izzah 1 July 2010 at 8:18 PM Reply

      Iya Mba Wulan, ceritanya penuh hikmah dan patut dicontoh! :)

Tinggalkan Jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hadisome

Tentang Apa Saja dan Siapa Saja

Pawuhan

Bukan Sekedar Nyampah

Najlazka

“Life isn't about waiting for the storm to pass...It's about learning to dance in the rain.” ― Vivian Greene

RetakanKata

Mempertahankan Kata-kata Agar Tetap Bermakna

Hidupnya Indra

Hanya Catatan Hidup Seorang Indra

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,735 other followers

%d bloggers like this: